Profil S1 Akuntansi

Profil Fakultas Ekonomi UNJANI

Pendahuluan

     Kompetensi professional akuntan yang relevan dengan kebutuhan bisnis dan pemerintahan , tuntutan masyarakat terhadap profesi akuntan dalam hal penegakan etik dan good governance serta persaingan global dalam industri jasa akuntansi adalah tiga isu utama dalam pendidikan akuntansi di Indonesia saat ini. Pendidikan akuntansi di Indonesia di harapkan dapat selalu meningkatkan prosesnya sehingga kriteria akuntan yang dihasilkan sesuai dengan kompetensi yang diinginkan standar pasar global mendatang ketika gerbang ASEAN Free Trade Area terbuka lebar tahun 2015 mendatang.
     Kurikulum, disamping mutu dosen, adalah inti dari proses pendidikan akuntansi yang akan menentukan kualitas lulusannya. Bila kualitas pendidikan akuntansi di Indonesia diharapkan dapat memenuhi tuntutan perubahan global dan harapan publik masyarakat, maka inovasi kurikulum secara keberlanjutan menjadi suatu keharusan.
     Kurikulum yang sedang berjalan (kurikulum 2010) disusun belum berdasarkan ketentuan dari International Education Standard (IES)yang diwajibkan sesuai Statement of Membership Obligation (SMO) kepada Anggota International Federation of Accountant (IFAC) karena organisasi profesi akuntan Indonesia (Ikatan Akuntan Indonesia/IAI) adalah anggota IFAC, ketentuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)Peraturan Presiden no. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi pasal 35 ayat 3.

     Landasan atau rujukan yang dipakai dalam penyusunan kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi pasal 35 ayat 3.
  2. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  3. International Education Standards (IES) 2 dan 3 yang diterbitkan oleh International Accounting Education Standard Board (IAESB) lembaga bentukan International Federation of Accountants (IFAC).
  4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi.
  5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  6. Hasil semiloka nasional “Kurikulum S1 Akuntansi Berbasis Kompetensi yang Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)” yang diselenggarakan di Universitas Mercubuana pada hari Selasa 28 Pebruari – 1 Maret 2012, merupakan kerjasama antara IAI Kompartemen Akuntan Pendidik dengan Universitas Mercubuana.
  7. Hasil studi banding ke Departemen Akuntansi Universitas Indonesia pada hari Rabu 25 April 2012.

Visi

”Diakui sebagai institusi yang unggul dalam pendidikan akuntansi berbasis teknologi informasi dan kewirausahaan yang bertaraf internasional, berjiwa kebangsaan dan berwawasan lingkungan 2020”.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran S1 Akuntansi berkualitas internasional yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan lingkungan dengan dilandasi oleh nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.
2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang akuntansi dengan cakupan lokal, nasional, dan internasional yang memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan bangsa-bangsa di Asia Tenggara.
3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial institusi dengan memanfaatkan hasil penelitian dengan cakupan lokal, nasional yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

Profil Lulusan S1 Akuntansi

Menjadi Akuntan dan Auditor yang handal dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi.

Kompotensi Kelulusan

Kompetensi Utama
a. Mampu menyusun laporan keuangan sesuai PSAK.
b. Mampu menganalisis informasi akuntansi keuangan dan manajemen untuk mengambil keputusan berbasis teknologi informasi.
c. Mampu melaksanakan proses audit sesuai SPAP.
d. Mampu merencanakan,melaksanakan dan mengendalikan pajak sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku.
Kompetensi Pendukung
a. Mampu menyusun laporan keuangan sesuai standar akuntansi sektor publik dan syariah.
b. Mampu merancang software sistem informasi akuntansi.
c. Mampu menerapkan dasar-dasar manajemen strategi untuk mendukung pengambilan keputusan.
d. Mampu menerapkan hukum bisnis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk pasar modal dan dunia usaha.
e. Mampu mengaplikasikan konsep dasar statistika dan metode kuantitaif untuk pengambilan keputusan.
f. Mampu menggunakan konsep ekonomi dan manajemen, hukum, politik, sosial budaya dalam pengambilan keputusan entitas.
g. Mampu menilai sistem pengendalian internal.
Kompentensi Lainnya
a. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik.
b. Berprilaku sesuai dengan etika bisnis dan profesi.
c. Mampu membuat bussines plan.
d. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian.
e. Mampu bekerja dengan menerapkan nilai-nilai militansi.
f. Mampu memberikan alternatif pemecahan masalah terhadap beragam masalah yang timbul di lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara.
g. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk memecahkan masalah pada tingkat indiidual dan kelompok.
h. Mampu menunjukan sikap intra personal dan interpersonal yang baik.
i. Mampu menunjukan integritas dan mampu menghargai orang lain.

Bahan Kajian

Disusun matriks tataran kompetensi dengan rumpun pendidikan yang telah ditetapkan dalam SK Mendiknas RI No.045/U/2002 dan 4 pilar pendidikan yang ditetapkan UNESCO sebagai berikut:

Rumusan & Elemen Kompetensi

Pembentukan Matakuliah & Menetapkan SKS

Dari pembahasan matriks kompetensi lulusan dengan kebutuhan stakeholder dan rumpun tataran mata kuliah, maka berikut ini merupakan jejaring mata kuliah Program Studi S1 Akuntansi untuk kurikulum tahun 2019.

Jejaring Mata Kuliah Prodi S1 Akuntansi

Daftar Mata Kuliah Berdasarkan Elemen Kompetensi